Perbedaan Es Batu Air Masak vs Air Mentah Ternyata Begini

Author
Setya 11 Okt 2018

Titipku.com – Minum es saat cuaca lagi panas-panasnya seperti sekarang ini rasanya surga banget nggak sih? Pinginnya diiguyur sama yang bikin sejuk. Kadang kesejukan itu tidak hanya diguyur untuk legakan dahaga, tapi juga hati yang tak karuan panasnya! 😀 Untuk menyempurnakan kesegaran, es batu adalah salah satu bahan yang nggak boleh ketinggalan.

perbedaan es batu air masak dan air mentah,

Instagram via @waosansurakarta

Es batu terkenal dengan harga yang murah meriah. Akan tetapi dibalik kesegaran es batu, kamu perlu waspada, mengingat sudah banyak ditemukan pedagang es batu yang mmemproduksinya dengan cara tidak benar. Misalnya dengan menggunakan air mentah sebagai bahan bakunya. Jelas untungnya bisa berlipat ganda. Adajuga yang menambahkan bahan berbahaya seperti kaporit agar es batu menjadi lebih jernih. Duh duh… kok serem, ya! 🙁

Nah sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan terhadap es batu khususnya yang dijual di pasaran, simak deh perbedaan es batu air masak dan air mentah.

Es batu dari air matang cenderung terlihat bening, biasanya sebagai es kristal atau ice cube

Jika dilihat secara kasat mata, es batu yang terbuat dari air matang cenderung telihat bening seperti kristal. Ini disebabkan adanya gas yang terdapat dalam air terlepas atau menguap saat proses perebusan

Image result for es batu air matang

Perbedaan es batu air mentah dan air matang via centroone.com

Maka saat proses pendinginan terjadi, hanya ada sedikit gas yang terperangkap dalam es. Pasalnya kandungan udara dalam air berkurang. Akan tetapi, bukan jaminan bahwa es batu yang dibuat dengan air matang akan menjadi bening sempurna. Perlu adanya proses pensterilan dan perebusan hingga 2 kali untuk menghilangkan gas terlarut dan kotoran-kotoran lain yang mengendap di dalamnya.

Kini sudah banyak di jual di pasaran jenis es batu kristal atau ice cube yang mempunyai bentuk seperti pipa dan berlibang. Es batu ini aman dikonsumsi dan tidak berisiko mempunyai kandungan bakteri di dalamnya. Karena bisa diketahui bahwa bahan baku yang dipakainya adalah air matang. Namun perlu diperhatikan juga cara memperlakukan es tersebut. Mulai dari alat cara membuat, juga perlakuannya sebelum dicampurkan pada minuman dan dikonsumsi.

Es batu yang terbuat dari air mentah umumnya terlihat berwarna putih seperti salju dan terdapat gelembung pada es tersebut

Es batu dari air mentah bisa dilihat dari warnanya yang putih seperti salju dan terdapat gelembung-gelembng di beberapa bagian es batu tersebut. Ini dikarenakan masih banyak gas terlarut yang berada di dalamnya karena tidak melalui proses perebusan terlebih dahulu.

Sebagian besar es batu yang terbuat dari air mentah ini berupa es balok atau es dalam bungkusan plastik (tapi tidak berlaku kalau kamu bikin sendiri lho). Es yang dibuat dengan air mentah ini berbahaya untuk dikonsumsi karena tidak ada efek baiknya untuk kesehatan. Apalagi jika air yang digunakan untuk membuat es batu ini diambil dari air sungai yang tercemar. Ohhh No!!!

Bahkan, ada salah satu penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan bakteri dalam es batu (yang tidak layak konsumsi) lebih banyak daripada bakteri yang ada di dalam air di toilet

Dari Daily Mail yang dikutip dari hipwee.com, sebuah penyelidikan oleh The Mail on Sunday telah melakukan tes ilmiah terhadap es batu yang disajikan di restoran-restoran ternama. Hasilnya, di dalam es batu tersebut kandungan bakteri jauh di atas batas normal. Atau secara kasarnya, es batu ini mengandung bakteri yang sama bahkan lebih tinggi daripada bakteri yang ada di dalam air di toilet. Hyeekkkk!!!! Para ahli mengatakan bahwa hal ini terjadi karena mesin pembuat es atau tempat penyimpanannya jarang dibersihkan. Diperparah lagi, minimnya eksadaran untuk mencuci tangan sebelum memperlakukan es batu.

Es batu dari air mentah atau diolah dengan cara tidak benar bisa sebabkan masalah kesehatan. Hati-hati lho, jangan sampai kamu korban selanjutnya

sakit perut

sakit perut via orami.co.id

Dari halosehat.com, es batu yang dibuat dari air mentah lebih berisiko mengandung bakteri berbahaya seperti E.Coli (Escherichia Coli) yang menjadi penyebab beberapa gangguan kesehatan. Terlebih es batu yang diproduksi dengan pada tempat yang kurang higienis. Bakteri ini belum tersterilisasi oleh proses pemanasan pada saat merebus. Proses pembekuan umumnya tidak bisa mematikan bakteri-bakteri yang terkandung di dalamnya. Makanya, saat es yang mengandung bakteri tersebut larut ke dalam minuman yang kita minum, sama artinya kita menuangkan air mentah ke dalam minuman kita.

Bahayanya bakteri ini bagi tubuh adalah selain bisa sebabkan masalah pencernaan yang serius seperti diare dan muntaber juga merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada naak kecil yang daya tahan tubuhnya masih lemah.

Kelihatannya sih aman-aman saja yah! Namun setelah ditelusur lebih jauh, es batu menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan. Terutama es batu yang dibuat air metah dan yang diolah serta diperlakukan sembarangan. (Pantas yah jaman kecil jajan semabarangan langsung kena flu, diare, batuk, hmmm)

Sebaiknya kamu tidak membeli minuman dingin di sembarang tempat. Jika ingin lebih aman, buat es batu sendiri di rumah agar kamu yakin bahwa es batu tersebut higienis dan aman dari ancaman bakteri jahat! 🙂

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat bagi banyak orang, share ke seluruh sosial mediamu agar semuanya tahu perbedaan es batu air masak dan air mentah serta bahayanya!

Kalau mau pesan kebutuhan rumahnya, Titipku Aja!

Sumber: hipwee.com

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Artikel Terbaru
Ramadan, program ramadan, program ramadan titipku, ramadhan, program ramadhan, program ramadhan titipku, berbagi kebaikan, berbagi hadiah
Ada Program Ramadan Apa di Titipku? Cek di Sini! 22 Maret 2023
Cara potong ayam, cara memotong ayam, bagian ayam, ayam dipotong berapa bagian, ayam potong, jual ayam segar, jual daging ayam
Ini Loh Cara Memotong Ayam yang Benar 21 Maret 2023
Serpong fresh, business to customer, B2C, serpong fresh pasar paramount, pasar paramount, pasar modern paramount, pasmod paramount, belanja online, belanja ayam online, belanja ayam murah
Titipku Kembangkan Transaksi di Serpong Fresh 20 Maret 2023
pasarmoderntangerang, pasar modenrparamount, pasmodparamount, pasarterdekat, belanjaditangerang, produksegar, pasarmodern, belanjaseharihari,
Pasar Modern Paramount Tangerang: Destinasi Belanja Terdekat & Terpercaya 19 Maret 2023
Resep masakan simpel, resep masakan sehari hari, resep masakan mudah, resep masakan sop bening, resep sop bening, resep sop, resep sop vegetarian, resep sop tanpa daging, resep sop vegan, clear soup recipee, vegetable soup recipee
Buat Resep Masakan Simpel Sop Bening Yuk! 17 Maret 2023
Titipku, titipku for business, business to business, b2b, supplier sayur, supplier buah, supplier daging, supplier bahan pokok terpercaya, supplier sembako, supplier ayam tangerang, supplier ayam tangsel
Titipku for Business Makin Luas, Kini Sasar Horeka 15 Maret 2023
Jajan pasar terdekat, jual jajan pasar terdekat, toko jajan pasar terdekat, tempat jajan pasar terdekat, tempat jajanan pasar terdekat, toko jajanan pasar terdekat
Ini Tempat Jual Jajanan Pasar Terdekat di Jakarta 13 Maret 2023
Tabungan rumah, menabung untuk beli rumah, mencicil rumah, kredit rumah, beli rumah
Gaji 7,5 Juta Bisa Beli Rumah? Bisa! Ini Caranya 12 Maret 2023
Jajan pasar terdekat, jajanan pasar terdekat, jajanan pasar jakarta, toko jajanan pasar, toko kue terdekat
Ini Cara Mencari Toko Jajan Pasar Terdekat di Titipku 10 Maret 2023
hari perempuan internasional, hari perempuan, iwd2023, international women day
Refleksi Titipku di Hari Perempuan Internasional 08 Maret 2023
Harga telur, info harga telur, info harga telur hari ini, harga telur ayam, harga telur 1 kg, harga telur ayam hari ini, harga ayam hari ini, harga telur per kg, berapa harga telur 1 kg, harga telur hari ini jakarta, harga telur hari ini di jakarta, harga telur hari ini tangerang
Info Harga Telur Hari Ini di Jakarta & Tangerang 06 Maret 2023
resep masakan kampung, resep masakan kampung sehari hari, resep masakan kampung sehari-hari, resep masakan kampung sederhana, resep masakan kampung mudah, resep masakan kampung simple, resep masakan kampung simpel
Ini Loh Resep Masakan Kampung Simple dan Murah 05 Maret 2023
program referral, kode referral, apa kode referral, apa itu referral, kode referral itu apa, program referral Titipku, promo cashback, voucher cashback
Nikmati Keuntungan dari Program Referral Titipku 03 Maret 2023
Resep ikan bakar, resep ikan bakar padang, bumbu ikan bakar padang, resep bumbu ikan bakar padang, resep ikan nila bakar padang, resep ikan kembung bakar padang, resep bumbu bakaran ikan, bumbu olesan ikan bakar
Ini Dia Resep Ikan Bakar Padang yang Nikmat 01 Maret 2023
resep masakan sehari-hari, resep masakan sehari hari, resep masakan kampung sehari-hari, resep masakan sehari-hari mudah dan praktis, resep masakan Indonesia sehari-hari sederhana, resep masakan sayur asem, resep masakan pecel madiun, resep masakan pecel lele
Pilihan Resep Masakan Sehari-hari untuk Moms 27 Februari 2023
digitalisasi umkm, CMO, titipku, digitalisasi pasar, digitalisasi pedagang pasar, digitalisasi usaha mikro
CMO Titipku Jadi Pembicara Webinar Digitalisasi UMKM 26 Februari 2023
Cara merebus telur, merebus telur berapa menit, berapa lama merebus telur, waktu merebus telur, cara merebus telur setengah matang, cara merebus telur agar mudah dikupas
Ini Loh Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas 24 Februari 2023
Resep masakan mudah, resep masakan simpel, resep masakan mudah dan cepat, resep masakan simple, resep terong balado, resep terong balado pedas manis, resep balado terong ungu sederhana, resep masakan terong balado
Resep Masakan Mudah: Resep Terong Balado 22 Februari 2023
Harga minyak goreng, harga minyak goreng hari ini, apakah harga minyak akan naik, harga minyak mahal, harga minyak bimoli, harga minyak sunco, harga minyak filma, harga minyak barco, harga minyak tropical, harga minyak rose brand, harga minyak kita, harga minyak hemart, harga minyak sania,
Daftar Harga Minyak Goreng Hari Ini di Jakarta 20 Februari 2023
toko sayur terdekat, pasar sayur terdekat, pasar modern paramount, pasmod paramount, sayuran asing, sayuran yang asing, jual sayur terdekat, penjual sayur terdekat
Daftar Sayuran yang Asing & Dijual di Toko Sayur Terdekat di Pasmod Paramount 19 Februari 2023
Tempat jajan pasar, tempat jajan pasar terdekat, jajan pasar terdekat, jajan pasar, tempat jajanan pasar, tempat jajanan pasar terdekat, jajanan pasar terdekat, jajanan pasar, jual jajan pasar terdekat, jual jajan pasar, tempat jual jajan pasar
Tempat Jajan Pasar Terdekat di PasMod Paramount 17 Februari 2023
Toko sayur terdekat, toko sayur terdekat di pasmod paramount, toko sayur terdekat di gading serpong, toko sayur terdekat di serpong, toko sayur terdekat di tangerang, toko sayur terdekat di pasar modern paramount, toko sayur terdekat dari lokasi saya, jual sayur terdekat
Daftar Toko Sayur Terdekat di PasMod Paramount 15 Februari 2023
Hadiah valentine, kado valentine, hadiah untuk valentine, kado hari valentine, hadiah hari valentine, kado valentine untuk ibu, kado valentine untuk orang tua
Ini Dia Beberapa Ide Kado Valentine untuk Ibu 13 Februari 2023
Artikel Populer
Ramadan, program ramadan, program ramadan titipku, ramadhan, program ramadhan, program ramadhan titipku, berbagi kebaikan, berbagi hadiah
Ada Program Ramadan Apa di Titipku? Cek di Sini! 22 Maret 2023
Cara potong ayam, cara memotong ayam, bagian ayam, ayam dipotong berapa bagian, ayam potong, jual ayam segar, jual daging ayam
Ini Loh Cara Memotong Ayam yang Benar 21 Maret 2023
Serpong fresh, business to customer, B2C, serpong fresh pasar paramount, pasar paramount, pasar modern paramount, pasmod paramount, belanja online, belanja ayam online, belanja ayam murah
Titipku Kembangkan Transaksi di Serpong Fresh 20 Maret 2023
pasarmoderntangerang, pasar modenrparamount, pasmodparamount, pasarterdekat, belanjaditangerang, produksegar, pasarmodern, belanjaseharihari,
Pasar Modern Paramount Tangerang: Destinasi Belanja Terdekat & Terpercaya 19 Maret 2023
Resep masakan simpel, resep masakan sehari hari, resep masakan mudah, resep masakan sop bening, resep sop bening, resep sop, resep sop vegetarian, resep sop tanpa daging, resep sop vegan, clear soup recipee, vegetable soup recipee
Buat Resep Masakan Simpel Sop Bening Yuk! 17 Maret 2023
Titipku, titipku for business, business to business, b2b, supplier sayur, supplier buah, supplier daging, supplier bahan pokok terpercaya, supplier sembako, supplier ayam tangerang, supplier ayam tangsel
Titipku for Business Makin Luas, Kini Sasar Horeka 15 Maret 2023
Jajan pasar terdekat, jual jajan pasar terdekat, toko jajan pasar terdekat, tempat jajan pasar terdekat, tempat jajanan pasar terdekat, toko jajanan pasar terdekat
Ini Tempat Jual Jajanan Pasar Terdekat di Jakarta 13 Maret 2023
Tabungan rumah, menabung untuk beli rumah, mencicil rumah, kredit rumah, beli rumah
Gaji 7,5 Juta Bisa Beli Rumah? Bisa! Ini Caranya 12 Maret 2023
Jajan pasar terdekat, jajanan pasar terdekat, jajanan pasar jakarta, toko jajanan pasar, toko kue terdekat
Ini Cara Mencari Toko Jajan Pasar Terdekat di Titipku 10 Maret 2023
hari perempuan internasional, hari perempuan, iwd2023, international women day
Refleksi Titipku di Hari Perempuan Internasional 08 Maret 2023
Harga telur, info harga telur, info harga telur hari ini, harga telur ayam, harga telur 1 kg, harga telur ayam hari ini, harga ayam hari ini, harga telur per kg, berapa harga telur 1 kg, harga telur hari ini jakarta, harga telur hari ini di jakarta, harga telur hari ini tangerang
Info Harga Telur Hari Ini di Jakarta & Tangerang 06 Maret 2023
resep masakan kampung, resep masakan kampung sehari hari, resep masakan kampung sehari-hari, resep masakan kampung sederhana, resep masakan kampung mudah, resep masakan kampung simple, resep masakan kampung simpel
Ini Loh Resep Masakan Kampung Simple dan Murah 05 Maret 2023
program referral, kode referral, apa kode referral, apa itu referral, kode referral itu apa, program referral Titipku, promo cashback, voucher cashback
Nikmati Keuntungan dari Program Referral Titipku 03 Maret 2023
Resep ikan bakar, resep ikan bakar padang, bumbu ikan bakar padang, resep bumbu ikan bakar padang, resep ikan nila bakar padang, resep ikan kembung bakar padang, resep bumbu bakaran ikan, bumbu olesan ikan bakar
Ini Dia Resep Ikan Bakar Padang yang Nikmat 01 Maret 2023
resep masakan sehari-hari, resep masakan sehari hari, resep masakan kampung sehari-hari, resep masakan sehari-hari mudah dan praktis, resep masakan Indonesia sehari-hari sederhana, resep masakan sayur asem, resep masakan pecel madiun, resep masakan pecel lele
Pilihan Resep Masakan Sehari-hari untuk Moms 27 Februari 2023
digitalisasi umkm, CMO, titipku, digitalisasi pasar, digitalisasi pedagang pasar, digitalisasi usaha mikro
CMO Titipku Jadi Pembicara Webinar Digitalisasi UMKM 26 Februari 2023
Cara merebus telur, merebus telur berapa menit, berapa lama merebus telur, waktu merebus telur, cara merebus telur setengah matang, cara merebus telur agar mudah dikupas
Ini Loh Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas 24 Februari 2023
Resep masakan mudah, resep masakan simpel, resep masakan mudah dan cepat, resep masakan simple, resep terong balado, resep terong balado pedas manis, resep balado terong ungu sederhana, resep masakan terong balado
Resep Masakan Mudah: Resep Terong Balado 22 Februari 2023
Harga minyak goreng, harga minyak goreng hari ini, apakah harga minyak akan naik, harga minyak mahal, harga minyak bimoli, harga minyak sunco, harga minyak filma, harga minyak barco, harga minyak tropical, harga minyak rose brand, harga minyak kita, harga minyak hemart, harga minyak sania,
Daftar Harga Minyak Goreng Hari Ini di Jakarta 20 Februari 2023
toko sayur terdekat, pasar sayur terdekat, pasar modern paramount, pasmod paramount, sayuran asing, sayuran yang asing, jual sayur terdekat, penjual sayur terdekat
Daftar Sayuran yang Asing & Dijual di Toko Sayur Terdekat di Pasmod Paramount 19 Februari 2023
Tempat jajan pasar, tempat jajan pasar terdekat, jajan pasar terdekat, jajan pasar, tempat jajanan pasar, tempat jajanan pasar terdekat, jajanan pasar terdekat, jajanan pasar, jual jajan pasar terdekat, jual jajan pasar, tempat jual jajan pasar
Tempat Jajan Pasar Terdekat di PasMod Paramount 17 Februari 2023
Toko sayur terdekat, toko sayur terdekat di pasmod paramount, toko sayur terdekat di gading serpong, toko sayur terdekat di serpong, toko sayur terdekat di tangerang, toko sayur terdekat di pasar modern paramount, toko sayur terdekat dari lokasi saya, jual sayur terdekat
Daftar Toko Sayur Terdekat di PasMod Paramount 15 Februari 2023
Hadiah valentine, kado valentine, hadiah untuk valentine, kado hari valentine, hadiah hari valentine, kado valentine untuk ibu, kado valentine untuk orang tua
Ini Dia Beberapa Ide Kado Valentine untuk Ibu 13 Februari 2023
ungkep ayam, cara ungkep ayam, tips ungkep ayam, mengungkep ayam, proses ungkep ayam, ayam ungkep
Berapa Lama Sih Waktu yang Diperlukan untuk Ungkep Ayam? 01 Mei 2022
Vanila dan Vanili, Apakah Beda? Yuk, Simak Ulasan Berikut 02 Juli 2020
aun basilHapus istilah: daun basil segar daun basil segarHapus istilah: daun basil untuk masak apa daun basil untuk masak apaHapus istilah: daun basil beli dimana daun basil beli dimanaHapus istilah: daun basil dan kemangi daun basil dan kemangiHapus istilah: daun basil untuk apa daun basil untuk apaHapus istilah: daun basil adalah daun basil adalahHapus istilah: daun basil artinya daun basil artinyaHapus istilah: daun basil seperti apa daun basil seperti apaHapus istilah: apakah daun basil apakah daun basilHapus istilah: daun basil masak apa daun basil masak apaHapus istilah: daun basil bumbu daun basil bumbuHapus istilah: manfaat daun basil bagi kesehatan manfaat daun basil bagi kesehatanHapus istilah: contoh daun basiil contoh daun basiilHapus istilah: ciri daun basil ciri daun basilHapus istilah: ciri2 daun basil ciri2 daun basilHapus istilah: daun basil dan selasih daun basil dan selasihHapus istilah: guna daun basil guna daun basilHapus istilah: harga daun basil harga daun basilHapus istilah: khasiat daun basil khasiat daun basilHapus istilah: daun basil itu apa daun basil itu apaHapus istilah: perbedaan daun basil dan kemangi perbedaan daun basil dan kemangiHapus istilah: pengertian daun basil pengertian daun basilHapus istilah: penggunaan daun basil penggunaan daun basilHapus istilah: pohon daun basil pohon daun basilHapus istilah: tanaman daun basil tanaman daun basilHapus istilah: alpokat untuk diet alpokat untuk diet
Perbedaan Daun Basil dan Kemangi, Sekilas Mirip Tapi Ternyata Beda! 31 Oktober 2018
jenis daun bawang, daun bawang, aneka daun bawang, macam daun bawang, daun kucai, green onion, chives, daun prei, daun lokio
Apakah Moms Tahu 4 Jenis Daun Bawang Ini? 13 April 2022
teriyaki dan yakiniku, teriyaki, yakiniku, perbedaan teriyaki dan yakiniku, bedanya teriyaki dengan yakiniku, bedaya teriyaki dan yakiniku, apa beda teriyaki dan yakiniku, membedakan teriyaki dan yakiniku
Teriyaki dan Yakiniku, Apa Bedanya? Cari Tahu di Sini 24 April 2022
%d blogger menyukai ini: