FAQ

Get Answers of your Questions

  • Tentang Titipku

    1. Apa itu Titipku?
    Titipku merupakan startup berbasis web dan aplikasi yang berguna bagi para user untuk menawarkan atau meminta bantuan kepada user lain untuk titip beli, titip jual, titip promo maupun titip antri. Visi dari Titipku adalah digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

    2. Siapa yang kita bantu?
    Titipku konsen terhadap pertumbuhan UMKM yang berada di Indonesia, dalam hal ini adalah UMKM yang belum terdigitalisasi baik dari segi cara penjualan maupun branding produk yang ditawarkan oleh UMKM. Titipku juga menjadi jembatan siapapun yang ingin terjun di dalam dunia kewirausahaan diharapkan nanti nya dapat mencetak para pengusaha. UMKM disini adalah yang berjualan dengan perorangan, kaki lima, kios pasar, warung, industri rumah tangga dan toko.

  • Tentang Jelajah dan Jatip

    1. Apa itu Jelajah dan Jatip?
    Titipku menghubungkan antara UMKM dan teknologi digital melalui Penjelajah. Penjelajah akan membuat review UMKM yang dinamakan Ulasan Jelajah. Ulasan tersebut membantu UMKM dalam memasarkan produk serta membantu dalam segi branding dari produk itu sendiri.

    Titipku juga menghubungkan antara pembeli dan UMKM melalui Jatiper. Jatiper akan memberikan layanan Jasa Titip (Jatip) dimana user dapat menawarkan jasa titip suatu produk tertentu serta mendapatkan tip yang telah disepekati antara pembeli dan pembuka jatip.

    2. Bagaimana cara pesan atau titip barang?
    Titipku memberikan layanan dimana Ulasan Jelajah dapat dipesan dan dikirimkan ke alamat yang sesuai dengan alamat pembeli. Pembelian dan pengiriman produk pesanan akan diselesaikan oleh Jatiper dan Jatiper akan mendapatkan komisi sesuai dengan besaran nilai rupiah yang terhitung otomatis di aplikasi Titipku.

    3. Bagaimana penjelajah bekerja?
    Penjelajah mengulas suatu produk UMKM, ulasan suatu produk berupa tulisan dan foto produk UMKM tersebut, kemudian diunggah ke aplikasi Titipku sehingga menjadi Ulasan Jelajah.

    4. Bagaimana prosedur pemberian barang ke penitip?
    Pemberian barang ke Pembeli dapat melalui pengantaran secara langsung oleh Jatiper atau logistik yang didukung oleh Titipku.

  • Tentang Resolusi

    1. Bagaimana jika saya dikirim barang yang salah?
    Bila Jatiper mengirim barang yang salah maka Tim Titipku akan menjadi pihak ketiga untuk proses persetujuan pengembalian dana (*untuk transaksi luar kota). Apabila pengembalian dana telah disetujui, maka dana akan dikembalikan kepada Pembeli dan barang dikembalikan kepada Jatiper. Jika transaksi terjadi di kota yang sama, maka pengembalian dana dan barang menurut kesepakatan Pembeli dan Jatiper.

    2. Bagaimana jika kondisi barang kondisinya rusak?
    Bila barang diterima dalam kondisi rusak maka Pembeli dapat mengajukan komplain kepada Jatiper dan Pembeli untuk ditelusuri lebih lanjut.

    3. Keluhan lain?
    Keluhan lain dapat menguhubungi email Titipku di support@titipku.com

  • Tentang Transaksi

    1. Bagaimana cara pembayaran yang aman?
    Titipku menggunakan rekening bersama yaitu rekening BCA atas nama PT. Terang Bagi Bangsa untuk melakukan segala kegiatan transaksi pembayaran, sehingga sistem pembayaran dari user langsung terintegrasi dengan rekening PT. Terang Bagi Bangsa. Setelah titipan atau barang sampai ke pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang, kemudian dana diteruskan ke Jatiper. Apabila pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan, maka Jatiper diwajibkan untuk menghubungi customer service Titipku dan mengirimkan bukti-bukti bahwa telah mengirimkan barang pesanan pembeli.

    2. Bagaimana mengetahui Jatiper yang terverifikasi?
    Tim Titipku sedang dalam tahap pengembangan untuk memberikan badge bagi Jatiper yang terverifikasi, badge didapatkan dengan syarat telah lulus verifikasi baik itu dari segi produk, tempat dan keamanan transaksi serta jatip yang sering dipakai oleh pengguna.

    3. Bagaimana jika saya bertransaksi diluar Titipku?
    Transaksi yang terjadi diluar Titipku bukan merupakan tanggung jawab Titipku dan segala resiko yang terjadi ditanggung oleh pengguna.

  • Peraturan Lain

    1. Barang apa yang tidak boleh dimuat layanan Titipku?
    Barang-barang yang dilarang oleh Titipku adalah sebagai berikut:

    1. - Obat-obatan terlarang.
    2. - Barang berbahaya karena mudah meledak, mudah tergesek dan yang akan menimbulkan api.
    3. - Barang berbau pornografi.
    4. - Senjata tajam, senjata api, dan senjata angin.
    5. - Perlengkapan dan peralatan untuk judi.
    6. - Dan semua barang yang dilarang peredarannya oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    2. Bagaimana caranya jika lupa password akun Titipku saya?
    Apabila lupa password maka dapat melakukan klik “Lupa Password” yang ada di Aplikasi Titipku. Perubahan password akan dikirim melalui email.

    3. Bagaimana melaporkan penyalahgunaan atau melaporkan konten yang melanggar ketentuan Titipku?
    Pelaporan dapat menguhubungi email Titipku di support@titipku.com